TUGAS BAHASA INDONESIA 4

Nama                          : Vidyatama Kurnia

Nomor Registrasi             : 5235127270

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (Non Reguler)

Menunjukkan Kesalahan dan Memperbaiki Tentang Penggunaan Logika Kebahasaan

Judul Skripsi :

PENYIMPANAN BARANG BERBASIS PERSONAL KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC

1.

Dengan makin berkembangnya teknologi Komputer menyebabkan semakin gencarnya upaya peningkatan daya guna dari Komputer baik secara perangkat keras (hardware) maupun perangkan lunak (software). (halaman 1 paragraf 1)

Penggunaan kata depan dari tidak tepat, karena tidak menyatakan arah, sehingga menyebabkan kalimat tidak efektif. Kata secara harus dihilangkan karena menyebabkan kalimat tidak efektif.

Seharusnya :

Dengan makin berkembangnya teknologi komputer menyebabkan semakin gencarnya upaya peningkatan daya guna komputer, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkan lunak (software).

2.

Tempat penyimpan pun berkembang, dari hanya rak yang terbuat dari kayu hingga menggunakan besi dan diberi kunci yang berlapis (kunci manual dan kunci elektronik). (halaman 1 paragraf 2)

Penggunaan kata tempat tidak tepat, karena penyimpan sudah mengandung makna tempat untuk menyimpan, seharusnya penyimpan. Penggunaan kata dari tidak  tepat karena tidak menyatakan asal atau arah. Penggunaan kata diberi  harus dihilangkan karena menjadikan kalimat tidak efektif dan maknannya sudah sama dengan menggunakan yang sudah dicantumkan sebelumnya. Hal inilah yang menyebabkan kalimat ini tidak efektif dan salah nalar.

Seharusnya:

Penyimpan pun berkembang, yang semula hanya rak yang terbuat dari kayu, sekarang menggunakan besi dan kunci yang berlapis (kunci manual dan kunci elektronik).

3.

Kelebihan penyimpan secara manual adalah barang akan cepat ditaruh pada tempatnya. Dapat membawa beberapa barang sekaligus untuk ditaruh pada satu tempat atau pada tempat yang berbeda. (halaman 1 paragraf 3)

Penggunaan kata ditaruh merupakan pilihan kata / diksi yang tidak tepat, seharusnya diletakkan. Awal kalimat yang mulai dengan kata dapat  tidak tepat karena mengaburkan makna, seharusnya ditambahkan dengan kata kelebihan yang lain adalah …..

Seharusnya :

Kelebihan penyimpan secara manual adalah barang akan cepat diletakkan pada tempatnya. Kelebihan yang lain adalah dapat membawa beberapa barang sekaligus untuk diletakkan pada satu tempat atau pada tempat yang berbeda.

4.

Penelitian ini akan membuat suatu simulasi system penyimpan barang secara otomatis dimana barang akan dimasukan ke dalam boks secara otomatis menggunakan suatu system mekanis yang dikontol oleh sebuah komputer. (halaman 2 paragraf 2)

Penggunaan kata di mana dalam kalimat tersebut tidak tepat karena tidak menyatakan pertanyaan. Seharusnya digunakan kata tempat. Kalimat tersebut termasuk salah nalar.

Seharusnya :

Penelitian ini akan membuat suatu simulasi system penyimpan barang secara otomatis tempat barang akan dimasukan ke dalam boks secara otomatis menggunakan suatu system mekanis yang dikontol oleh sebuah komputer.

5.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat :

  1. Dapat diaplikasikan dalam sistem pergudangan atau di bank.
  2. Dapat memperkecil resiko kehilangan dengan hanya orang yang mengetahui kode kunci serta nomor barang yang dapat mengambil barang yang tersimpan dalam boks.

(Halaman 3 paragraf 3)

Penggunaan kata dari  tidak diperlukan karena tidak efektif. Dapat pada poin pertama dan kedua harus dihilangkan karena sudah dicantumkan pada penggal kalimat sebelumnya. Pengunaan kata resiko tidak baku, seharusnya risiko. Hal tersebut menyebabkan kalimat tidak efektif.

Seharusnya :

Hasil penelitian ini diharapkan dapat :

  1. diaplikasikan dalam sistem pergudangan atau di bank.
  2. memperkecil risiko kehilangan dengan hanya orang yang mengetahui kode kunci serta nomor barang yang dapat mengambil barang yang tersimpan dalam boks.

6.

System Operasi (Sistem Operation)

Adalah program utama yang langsung berinteraksi dengan yang di kenal oleh mesin komputer (bahasa mesin). (halaman 8 paragraf 2)

Kata adalah tidak boleh digunakan di awal kalimat, seharusnya kata adalah berfungsi sebagai konjungsi intrakalimat. Pada kata di kenal seharusnya tidak dipisah, karena bukan merupakan kata depan.

Seharusnya :

System Operasi (Sistem Operation)

Sistem Operasi adalah program utama yang langsung berinteraksi dengan yang dikenal oleh mesin komputer (bahasa mesin).

7.

Pada awalnya fungsi portparalel hanya untuk mengkomunikasikan komputer dengan printer. Oleh karena perkembangan teknologi, maka kebutuhan akan konektifitas komputer dengan piranti external menjadi meningkat, tidak hanya antara komputer dengan printer, tetapi juga dengan disk drive portable, tape back-up, juga CD-ROM

Penggunaan kata oleh dan maka tidak efektif sehingga harus dihilangkan. Pada kata konektifitas tidak baku, seharusnya konektivitas. Pada kata external seharusnya bercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Seharusnya:

Pada awalnya fungsi portparalel hanya untuk mengkomunikasikan komputer dengan printer. Karena  perkembangan teknologi, kebutuhan akan konektivitas komputer dengan piranti external menjadi meningkat, tidak hanya antara komputer dengan printer, tetapi juga dengan disk drive portable, tape back-up, juga CD-ROM.

8.

Hardware inverted,  adalah sinyal “dibalik”oleh interface parallel port sebelum di keluarkan pada port DB 25. Untuk merancang hardware untuk dihubungkan dengan parallel port maka arus yang dapat di terimaoleh port parlel adalah ± 12 mA. Namun hal ini berbeda dari satu card interface (pabrikan) dengan yang lain. (halaman 13 paragraf 1)

Pada kalimat kedua paragraf tersebut merupakan kalimat induktif, sehingga penulisannya harus menggunakan koma (,)  antara anak kalimat dengan induk kalimat. Penggunaan kata “untuk” tidak tepat dipakai pada yang kedua, hal itu membuat kalimat menjadi tidak efektif dan tidak nalar, seharusnya dengan kata “yang”. Penulisan kata di terima tidak tepat karena “di” bukan berfungsi sebagai kata depan tetapi berfungsi sebagai awalan sehingga harus ditulis digabung.

Seharusnya:

Hardware inverted,  adalah sinyal “dibalik”oleh interface parallel port sebelum di keluarkan pada port DB 25. Untuk merancang hardware yang dihubungkan dengan parallel port maka arus yang dapat di terimaoleh port parlel adalah ± 12 mA. Namun hal ini berbeda dari satu card interface (pabrikan) dengan yang lain.

9.

Pada komputer yang tidak ada fasilitas dua arah, maka dapat membuat fasilitas dua arah dengan memfungsikan port status dan port control. Gambar 13 merupakan diagram sistematik untuk untuk modifikasi port parallel agar dapat membaca data dari DB 25. (halaman 16 paragraf 1)

Kalimat tersebut banyak penggunaan kata yang tidak efektif, sehingga menimbulkan salah nalar. Kata “pada” seharusnya dihilangkan, kata “maka” tidak diperlukan, kata “fasilitas dua arah” yang kedua dihilangkan karena sudah disebutkan sebelumnya. Penggunaan kata “untuk” mestinya hanya satu saja.

Seharusnya :

Komputer  yang tidak ada fasilitas dua arah, dapat membuatnya dengan memfungsikan port status dan port control. Gambar 13 meurpakan diagram sistematik untuk untuk modifikasi port parallel agar dapat membaca data dari DB 25.

10.

Sistem keamanan barang tersebut ada pada komputer dimana hanya pengguna (yang menyimpan barang) yang mempunyai akses dapat mengeluarkan arang tersebut dari boks. Pada system ini juga ditambah informasi mengenai jumlah barang, identitas barang dan informasi lain yang dibuat sesuai dengan kebutuhan.

(halaman 2 paragraf 2)

Penggunaan kata “dimana”, di samping penulisannya salah juga secara logika tidak nalar karena kata “di mana” hanya untuk kalimat pertanyaan dan penulisannya harus dipisah karena “di” berfungsi sebagai kata depan, bukan sebagai awalan. Kata “dimana” seharusnya diganti menjadi “yang hanya oleh”

Seharusnya:

Sistem keamanan barang tersebut ada pada komputer yang hanya oleh pengguna (yang menyimpan barang) dapat mengeluarkan arang tersebut dari boks. Pada system ini juga ditambah informasi mengenai jumlah barang, identitas barang, dan informasi lain yang dibuat sesuai dengan kebutuhan.

One response

  1. Do you want unlimited content for your page ? I am
    sure you spend a lot of time posting articles, but you can save it for other tasks, just type
    in google: kelombur’s favorite tool

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: